get app
inews
Aa Read Next : Datasemen Polisi Militer IX/2 Mataram Rayakan HUT ke-77 dengan Doa Bersama Yatim hingga Donor Darah

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Polisi Militer dan Provos TNI

Sabtu, 04 November 2023 | 21:47 WIB
header img

LOMBOK, iNews.id - meskipun sama-sama tergolong sebagai tentara dan memiliki tugas yang besar, Polisi Militer memiliki perbedaan fungsi dan tugas dengan Provos TNI

Polisi Militer merupakan unit yang bertugas sebagai penegak disiplin dalam lingkungan militer untuk tiga cabang angkatan TNI. Unit ini biasa disingkat Puspom TNI, dengan tugas mengawasi Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad), Pusat Polisi Militer Angkatan Udara (Puspomau), dan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal).
Sementara, Provos TNI memiliki tugas dan fungsi sebagai penegak hukum dan disiplin.

Hal utama yang membedakan antara polisi militer dan Provos TNI ialah lingkup kerjanya. Polisi Militer bertanggung jawab menjaga disiplin untuk semua anggota TNI di seluruh wilayah kerja, seperti Kodam atau Lantamal, sementara Provos hanya berperan sebagai penegak disiplin dalam kesatuan militer tertentu. 
Salah satu contoh peran Provos TNI adalah mengawasi ketaatan terhadap peraturan dalam atribut TNI.

Perbedaan lain antara Polisi Militer dan Provos TNI dapat dilihat dari penggunaan atribut atau seragam, Polisi Militer mengenakan baret biru dengan logo Satya Wira Wicaksana dan bed bertuliskan "PM" dan miring ke kiri. Sedangkan Provos mengenakan baret sesuai dengan kesatuan militer mereka dan bed bertuliskan "PROV" dan miring ke kanan. Seorang Provos dalam kesatuan memiliki peran penting menjaga hukum, disiplin, dan ketertiban anggota di satuan tersebut. 

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut