get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunung Rinjani 2024 Gelombang Pertama Berjalan Lancar

Inggris Tertarik Konsep PLTA Bendungan Pandanduri di Lombok, Jadi Pioner di Indonesia

Minggu, 06 Agustus 2023 | 19:12 WIB
header img
Inggris Tertarik Konsep PLTA Bendungan Pandanduri di Lombok, Jadi Pioner di Indonesia. iNewsLombok.id/purnawarman

LOMBOK TIMUR, iNewsLombok.id - Menteri Keamanan Energi dan Net Zero Inggris Graham Stuart sangat tertarik dengan konsep Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bendungan Pandanduri di Lombok jadi pioner di Indonesia.

"Saya sangat senang melihat semua sumber daya dibelakang bendungan ini, diubah menjadi energi bersih untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Lombok,"terangnya.

Ia juga mendukung langkah yang dilakukan pemerintah khususnya NTB.

"Saya sangat bangga bahwa pemerintah Inggris mendukung inisiatif ini, membantu Indonesia dan otoritas-otoritas NTB dalam melaksanakan proyek pertama kami ini,"ungkapnya, Sabtu (5/8/2023).

Diakuinya setelah bertemu dengan Gubernur dan Wagub NTB sangat yakin dan percaya bahwa masa depan NTB bergantung pada pariwisata hijau dan energi hijau supaya mereka bisa menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan demi kesejahteraan yang lebih baik untuk jangka panjang bagi masyarakat sekitar.

"Dan setelah melihat PLTA didalam tadi, sangat menarik bagi saya untuk mengetahui bahwa 87 persen konten yang digunakan pada mesin-mesinnya berasal dari Indonesia,"terangnya.

Banyak bendungan di Indonesia tetapi lombok telah mengawali konsep bendungan menjadi sumber energi.

"Ada ratusan lebih lagi bendungan seperti ini di seluruh Indonesia dan Lombok pertama yang memiliki inisiatif ini dalam menangkap energi di dalam bendungan dan mengubahnya menjadi energi bersih,"terangnya.

Deterangkannya bahwa Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai nol emisi pada 2060 dan NTB memasang target pada 2050, sama seperti pemerintah Inggris.

"Saya yakin bahwa NTB, sebagai provinsi yang sangat progresif di Indonesia, akan mendapatkan manfaat dari inisiatif ini,".

"Ini juga bisa mendapatkan investasi seperti ini dan bisa menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan hijau untuk jangka panjang, berkelanjutan dan juga udara yang bersih bagi NTB ,"

Gubernur NTB dan Wagub tahu bahwa energi hijau akan mendukung pariwisata hijau dan investasi hijau, penciptaan lapangan kerja, kesejahteraan dan keberlanjutan.

"Di Inggris, sekitar 40 persen listrik kita dihasilkan dari batubara pada 2012, tahun depan sudah tidak akan ada lagi batu bara. Dan kami tidak mengalami mati listrik, dan menganjurkan penyimpanan energi, generasi fleksibel pada Pembangkit Listrik, permintaan yang fleksibel dan kita menggunakan interkonektor dengan negara2 tetangga untuk menyeimbangkan sistem kami supaya memastikan energi yang digunakan hijau dan bersih. Dan tetap beroperasi, menyediakan energi secara terus-menerus.

Hidro adalah salah satu cara terbaik dalam menyeimbangkan sistem karena apabila tidak ada sinar matahari atau angin tidak bertiup, anda bisa menggunakan air untuk mengoperasikan generator. Proyek Pandanduri ini adalah satu dari tiga proyek serupa yang kami jalankan juga di Bali dan Sumatera Barat.

"Tiga proyek ini adalah yang pertama di Indonesia. Dan seperti yang saya katakan sebelumnya, Lombok memimpin dalam inisiatif energi bersih ini, tidak hanya untuk provinsi NTB saja tetapi juga untuk Indonesia,"ungkapnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut